Bolehkan Menghiasi Tembok dengan Wallpaper?


hukum wallpaper

Pertanyaan:
Saya sangat bersyukur sekali adanya layanan tanya jawab yang berharga ini. Semoga Allah membalas kalian semua dengan kebaikan.

Saudaraku, dahulu saya pernah mengirimkan pertanyaan ini akan tetapi belum ada respon jawaban yang memuaskan. Yaitu masalah yang berhubungan dengan melapisi dinding dengan wallpaper, seperti halnya yang tersebar di Eropa. Fungsinya tidak lain adalah untuk menghiasi dinding (agar nampak indah). Perlu diketahui, harga wallpapaer itu setara dengan harga standar cat tembok. Apakah menghiasi dinding dengan wallpaper termasuk dalam larangan Nabi shallallahu’alaihi wasallam memakaikan pakaian pada dinding?

Jawaban:
Alhamdulillah semoga shalawat dan salam tercurah kepada baginda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, keluarga beliau serta sahabat beliau.

Ammaba’d,

Yang kami tahu, wallpaper itu memiliki beragam bentuk dan motif, tentu harganya sesuai dengan jenis yang dipilih pembeli itu sendiri.

Kami memandang bahwa menutup tembok dengan wallpaper bukanlah termasuk dalam larangan memakaikan dinding dengan kain penutup. Karena sejatinya wallpaper itu kinerjanya sama dengan cat tembok yaitu bisa hancur jika dilepas seperti halnya terjadi pada cat. Alasan lain karena dinding yang sudah dilapisi wallpaper tentu tidak perlu dicat dan tak perlu lagi ditutupi dengan kain penutup seperti gorden atau yang lain.

Namun perlu kami sampaikan kepada penanya bahwasanya melapisi tembok dengan wallpaper tidak akan lepas dari sikap berlebihan, pemborosan serta sikap berbangga-banggan dan kesombongan,perbuatan yang selayaknya dijauhi setiap orang.

Akan tetapi jika seseorang bisa bersikap seimbang dalam menggunakan wallpaper ini yaitu tidak melebihi keumuman pemakaian, tidak bersikap boros dengan membeli jenis yang paling mahal dan bisa mengendalikan diri dari sikap sombong dan berbangga-banggaan maka tidak masalah menurut kami. Wallahua’lam.

Sumber: http://fatwa.islamweb.net

Diterjemahkan Tim Penerjemah WanitaSalihah.Com
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Artikel WanitaSalihah.Com

Related Post

One comment
  1. Rumah Murah Yogyakarta

    1 September , 2016 at 2:01 pm

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *