Cara Membersihkan Pakaian Jika Terkena Madzi


Madzi

Madzi adalah air yang keluar dari kemaluan, air ini bening dan lengket. Keluarnya air ini disebabkan karena syahwat yang muncul. Air madzi keluar dengan tidak memancar. Keluarnya air ini tidak menyebabkan seseorang menjadi lemas (tidak seperti keluarnya air mani, yang pada umumnya menyebabkan tubuh lemas) dan terkadang air ini keluar tanpa disadari (tidak terasa). Air madzi dapat terjadi pada laki-laki dan wanita, meskipun pada umumnya lebih banyak terjadi pada wanita. Air madzi adalah najis. Apabila air madzi terkena pada tubuh, maka wajib mencuci tubuh yang terkena air madzi. (Mengenal Mani Wadi dan Madzi)

Adapun cara menyucikan pakaian yang terkena madzi, cukup dengan memercikkan pada bagian yang terkena madzi. Berdasarkan hadits Sahl bin Hanif tatkala beliau mendapati cairan madzi yang keluar begitu banyak. Beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Bagaimana jika madzi tersebut mengenai pakaian saya? Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab,

يكفيك أن تأخذ كفاً من ماء فتنضح به ثوبك حيث ترى أنه قد أصاب منه

Kamu cukup mengambil air seciduk tangan kemudian menyiramkannya pada bagian yang engkau lihat terdapat madzi. (Hadits hasan dikeluarkan Abu Dawud No. 210, At Tirmidzi dan Ibnu Majah No. 506)

Kata an nadhhu (النضح ) berarti menyiramkan air tanpa menggosok/menyikatnya atau dengan memeras sampai air merata pada seluruh bagian yang terkena najis. (Syarhul Mumti’, 1/372)

Wallahu a’lam


Penulis: Umi Farikhah (Ummu Fatimah)
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Artikel WanitaSalihah.Com

Artikel Berseri:

  1. Cara Membersihkan Pakaian Jika Terkena Darah Haid
  2. Cara Membersihkan Pakaian Jika Terkena Kencing Bayi
  3. Cara Membersihkan Pakaian Jika Terkena Madzi
  4. Cara Membersihkan Ujung Bawah Pakaian Jika Terkena Najis

 

 

Maraji’:

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *