Hanya Mereka, Dosanya Terhapus dan Kebaikannya Terbalas


Ingin Masuk Islam

Sungguh beruntung orang-orang kafir yang masuk Islam. Mereka benar-benar mendapat kasih sayang Allah yang sangat luas. Bagaimana tidak? Orang-orang kafir yang masuk Islam, seluruh dosa dan kesalahannya dihapus oleh Allah Ta’ala. Sedangkan semua kebaikannya yang berhubungan dengan manusia, yang ia kerjakan di masa kafirnya akan di beri pahala oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Hal ini tertuang dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Amr bin ‘Ash radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shalallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

اَلإِسْلَامُ يَجُبُّ مَاقَبْلَهُ

“Agama Islam itu menghapuskan dosa-dosa sebelumnya.” (HR. Ahmad)

Kemudian dalam hadis lain dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu, Rasulullah shallalalhu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا أَسْلَمَ الْعَبْدُ فَحَسُنَ إِسْلَامُهُ يُكَفِّرُ اللّٰهُ عَنْهُ كُلَّ سَيِّىَٔةِكَانَ زَلَفَهَا وَكَانَ بَعْدَ ذَلِكَ الْقِصَاصُ اَلْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَاإِلَى سَبْعِمِاىَٔةِ ضِعْفٍ وَالسَّيِّىَٔةُ بِمِثْلِهَا إِلَّا أَنْ يَتَجَاوَزَاللّٰهُ عَنْهَا

“Apabila seorang hamba masuk Islam, dan dia berusaha menjadi muslim yang baik, niscaya Allah menghapus segala kejahatannya. Sesudah itu setiap kebaikan dibalas Allah sepuluh sampai tujuh ratus kali (lipat). Sedangkan kejahatannya dibalas dengan balasan setimpal, kecuali jika Allah mengampuninya.” (HR. Bukhari).

Hakim bin Hizam pernah bertanya kepada Nabi shallalalhu ‘alaihi wasallam,

“Bagaimana pendapatmu tentang beberapa kebaikan yang pernah kulakukan pada masa jahiliyyah, apakah aku masih mendapat kebaikan-kebaikan yang aku lakukan pada masa jahiliyyah?”

Jawab Nabi shallalalhu ‘alaihi wasallam,

أَسْلَمْتَ عَلَى مَا أَسْلَفْتَ مِنْ خَيْرٍ

“Engkau masuk Isalam dengan membawa kebaikan yang telah engkau lakukan dahulu.” (HR. Muslim)

Semoga bermanfaat

Penyusun: Ummu Afifah Umi Romadhiyani
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Artikel WanitaSalihah.Com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *