Manhaj Syaikh Al Albani dalam Mentahdzir



Fatwa Syaikh Al Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah


Pertanyaan:

Jika seseorang meyakini pokok agama (baca: aqidah) sebagaimana pokok agama ahlussunnah, berjalan diatas manhaj mereka dan hal ini diketahui dari pembelaannya terhadap ahlusunnah serta dedikasinya kepada manhaj mereka. Namun terkadang  dari dirinya muncul beberapa kesalahan manhajiyyah. Apakah dia ditahdzir secara person ataukah dengan menjelaskan kesalahannya?


Jawaban:

Cara yang terkahir bukan yang pertama. (Silsilah Huda WannurKaset No.751 menit ke 00.36.08)

Silakan simak:

Catatan redaksi:
Seseorang yang berada diatas aqidah dan manhaj ahlussunnah lalu terkadang dia terjatuh dalam sebagian kesalahan manhajiyyah, menurut Syaikh Al Albani rahimahullah dijelaskan kesalahannya bukan ditahdzir orangnya.
Namun praktek yang sering terjadi di masyarakat Islam saat ini adalah sebaliknya. Sedikit saja kesalahan manhaj yang dilakukan oleh seorang ahlusunnah dia ditahdzir secara individu. Dan yang lebih mengherankan lagi ada orang yang dikeluarkan dari barisan ahlusunnah tanpa diketahui secara pasti apa kesalahannya?!

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”(QS. Al Hasr: 10)

***

Sumber: https://telegram.me/imamalalbany
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.com

س : رجل أصوله أصول أهل السنة ويسير على منهجهم وعرف بدفاعه عنهم وخدمته لمنهجهم وتصدر منه أحياناً بعض الأخطاء المنهجية فهل يحذر منه بشخصه أم بتبيين أخطائه؟

الجواب : “الأخرى وليست الأولى”

المصدر:  سلسلة الهدى والنور – الشريط 751
– الدقيقة ( 00:36:08 )

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *