Maroko: Pintu Islam ke Benua Eropa


Maroko adalah salah satu negara Islam di Benua Afrika bagian Utara. Negara ini memiliki nama lain, yaitu Al-Mamlakah Al-Maghribiyyah atau Kerajaan Maroko.

Negara ini berbatasan dengan Spanyol di sbeelah utara, Aljazair di sebelah timur, dan Mauritania di sebelah selatan. Penduduk Maroko hampir berjumlah 32 juta jiwa, yang mayoritasnya muslim sunni.

Ibukota Maroko adalah Rabat, sementara kota terbesarnya adalah Casablanca.

Bahasa Arab menjadi bahasa resmi negeri ini. Dari Maroko inilah terlahir seorang panglima Islam yang terkenal dengan kegemilangannya membuka gerbang negeri Spanyol dan membawa agama Islam memasuki Eropa lewat sana. Dialah Thariq bin Ziyad, sang Panglima kebanggaan kaum muslimin. Barisan bukit yang ada di pinggiran laut sebelah utara Maroko dinamai dengan nama beliau, yaitu Jabal Thariq; dalam lidah Eropa, barisan bukit Jabal Thariq disebut Gibraltar.

Di bagian barat negeri Maroko terdapat sebuah gurun pasir yang terkenal luas dan tandus, yaitu Gurun Sahara.

Kekayaan alam Maroko yang melimpah ruah adalah fosfor. Jadi, tidak mengherankan bila Maroko menjadi salah satu negara penghasil fosfor terbesar di dunia.

Adapun bila berbicara tentang peninggalan bersejarah, terdapat sebuah universitas tertua di Maroko. Namanya Universitas Karawiyyin, yang didirikan pada tahun 859 M.

Demikianlah secuplik informasi mengenai Maroko. Alhamdulillah, bertambah lagi khazanah kita tentang salah satu negeri Islam di dunia. Semoga Allah senantiasa menjaga, melindungi, dan memberkahi negeri-negeri kaum muslimin. Amin.

**

Disarikan dari Majalah Kinan, Edisi 12, Th. III, Syawwal 1431 H/ September 2010.

Artikel WanitaSalihah.Com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *