Siapakah yang Lebih Utama Antara Aisyah dan Khadijah?


Keutamaan Khadijah dan Aisyah

Para ulama berbeda pendapat tentang siapakah yang lebih utama antara Aisyah dan Khadijah.

Sebagian ulama berpendapat, Khadijah lebih utama karena dia memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak disamai oleh Aisyah.

Sebagian lagi berpendapat, justru Aisyah lah yang lebih utama, berdasarkan hadits

 “Keutamaan Aisyah atas semua wanita bagaikan keutamaan tsarid (makanan jenis bubur yang sangat lezat) atas semua makanan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu dia juga memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh Khadijah.

Sebagian ahlul ilmi memberikan perincian, masing-masing memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki satu sama lain. Pada awal-awal risalah kenabian, Khadijah tanpa diragukan lagi memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki Aisyah dan bahkan tidak mungkin baginya untuk menyamainya. Setelah itu, yakni setelah wafat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Aisyah berjuang menyebarkan ilmu dan sunnah serta mengantarkan umat ini kepada petunjuk yang benar, hal ini belum didapati oleh Khadijah. Oleh karena itu tidak benar jika kita mengutamakan salah satu dari mereka dari yang lain secara mutlak, akan tetapi kita katakan yang satu memiliki kelebihan dalam satu hal dan yang lain memiliki kelebihan dalam satu hal yang lain pula. Dengan begitu kita telah berlaku adil, sehingga tidak menyia-nyiakan kelebihan masing-masing dari keduanya. Dan demikian perincian akan membuahkan hasil yang memuaskan. Keduanya dan istri-istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya bersama beliau di dalam jannah.

**

Disalin dari buku 100 Pelajaran Dari Kitab Aqidah Wasithiyah karya Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, At Tibyan

Related Post

One comment
  1. Azka

    16 April , 2016 at 1:06 pm

    masha allah, semoga kita bisa mengikuti aisyah ataupun khadijah..amiin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *