Tips Menjadi Istri Penentram Hati: Pandanglah Rumput Sendiri Lebih Hijau


rumput tetangga lebih hijau

Wahai wanita muslimah, sikap qana’ah (merasa cukup dengan pemberian Allah ta’ala) adalah kunci segala kebahagiaan dan penyebab segala ketenangan bagi jiwa, keluarga dan masyarakat. Seorang perempuan yang tidak memiliki sifat qana’ah terhadap rezeki yang telah diberikan oleh Allah ta’ala dan selalu iri degan apa yang diberikan Allah pada orang lain serta sering kali membebani sang suami, berarti ia sedang terjebak dalam upaya penghancuran nasib rumah tangganya. Seorang istri yang seperti ini membuat setan semakin kuat di dalam jiwanya hingga ia mau menjadi pengikut setan yang mempertaruhkan perjalanan hidupnya menuju kehancuran dan kebinasaan.

Saudariku, ridhalah terhadap apa yang telah Allah berikan kepadamu maka kau akan menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini. Sebagian ahli hikmah berkata,

“Wahai anak cucu adam, jika engkau mampu menelusuri jalan qana’ah, maka sesuatu yang sedikit pun akan terasa cukup. Sebaliknya, jika engkau jauh dari jalan itu, maka sesungguhnya dunia dan segala isinya tidak akan pernah cukup bagimu”

Sesungguhnya sifat qana’ah itu akan membuahkan keridhaan, kebahagiaan, dan ketenangan dalam jiwa serta mewariskan pemilik sifat tersebut sebuah keagungan dan kemuliaan. Ia tidak akan menerima kehinaan dan jauh dari perbuatan haram yang dilakukan untuk meraih hal-hal yang bersifat materi.

Wahai hamba Allah, bertakwalah kamu kepada-Nya. Pergaulilah suamimu dengan penuh sikap qana’ah. Jangan pernah engkau merasa iri dengan apa yang telah diberikan Allah pada orang lain. Maka sungguh demi Allah, perhiasan-perhiasan dunia adalah sesuatu yang sepele dan sia-sia. Jangan kau sibukkan dirimu dengan memperhatikan apa yang tidak engkau miliki pada kerabat dan tetanggamu, atau kau sibuk mencari barang-barang demi memuaskan dirimu. Ingatlah, dunia sudah hamper berakhir dan akhirat sudah semakin dekat. Pergunakanlah hartamu untuk berjuang dan berkorban di jalan Allah agar kelak bisa menjadi tabunganmu di hari kiamat.

Disarikan dari buku: Memikat Hati Suami karya Imad Al Hakim terbitan Insan Kamil

WanitaSalihah.Com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *