Akhir Dari Kesedihan


Apakah Anda pernah dirundung kesedihan?
Atau sekarang sedang mengalaminya?

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kesedihan. Saya pun pernah menghadapi suatu persoalan yang membuat saya selalu dirundung kesedihan. Saya telah berusaha sekuat tenaga untuk bisa keluar dari rasa duka itu dengan segala macam cara. Akan tetapi, saya selalu gagal dan terbentur jalan buntu.

Tiba-tiba terlintas ayat ini di benak saya “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, Dia pasti memberikan jalan keluar” (At-Thalaq: 2).

Tahulah saya bahwa takwa adalah jalan keluar yang terbaik dari segala kegelisahan dan kegoncangan jiwa. Akhirnya, setiap kali saya bersedih, saya mencari jalan keluar lewat jalur ini. sangatlah tidak wajar jika manusia tidak bertawakal, tidak mencari sebab segala sesuatu, tidak berpikir untuk taat kepada Allah, dan mengikuti semua yang diperintahkan-Nya. Semua itu merupakan kunci-kunci pembuka bagi semua hal yang tertutup.

Yang lebih ajaib lagi bahwa Sang Pemberi Rezeki sering memberikan rezeki itu tanpa disangka-sangka oleh seseorang.

“Dia memberikan rezeki dengan cara yang sama sekali tak terduga “ (Q.S. At-Thalaq: 3).

Wajib bagi orang yang bertakwa untuk tahu bahwa Allah akan senantiasa mencukupinya. Oleh karena itu, janganlah hatinya tergantung pada apa yang telah ia lakukan. Hendaklah ia menggantungkan hatinya pada Allah setelah berupaya, sebagaimana firman Allah ta’ala. Dalam lanjutan ayat tadi,

“Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya” (Q.S. At-Thalaq: 3)

*Ibnul Jauzy, Shaidul Khatir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *