Tips Menjadikan Rumah Penuh Berkah (7): Rutin Membaca Surat Al Baqarah


Untuk mewujudkan rumah penuh kebaikan dan barakah salah satunya dengan menghilangkan gangguan setan dan mengusir keberadaannya dari dalam rrumah. Karena kita semua tahu, setan adalah musuh yang nyata bagi orang-orang beriman yang mendambakan kebaikan. Adapun setan senantiasa mendambakan seorang insan untuk selalu berkubang dengan dosa dan kemaksiatan.

Tips kali ini mengupas keutamaan Surat Al Baqarah yang dibaca rutin di dalam rumah. Apa itu?

Tentang masalah in terdapat sejumlah hadits yang menyebutkan tentang keutamaan surat Al Baqarah:

1. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

لا تجعلوا بيوتكم قبورًا، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sungguh setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 1/539)

2.  Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

اقرؤوا سورة البقرة في بيوتكم، فإن الشيطان لا يدخل بيتًا يقرأ فيه سورة البقرة

“Bacalah surat Al Baqarah di rumah-rumah kalian karena setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya. “(HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak1/561, dalam Shahihul Jaami’ No. 1170)

3. Tentang keutamaan dua ayat terakhir di surat Al Baqarah dan pengaruhnya jika dibacakan di dalam rumah,

إن الله تعالى كتب كتابًا قبل أن يخلق السماوات والأرض بألفي عام، وهو عند العرش، وأنه أنزل منه آيتين ختم بهما سورة البقرة، ولا يقرآن في دار ثلاث ليال فيقربها الشيطان

“Sesungguhnya Allah Ta’ala menulis kitab (Lauhul mahfudz) dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Dan kitab tersebut berada di sisi Arsy. Lalu Allah turunkan darinya dua ayat yang menjadi penutup surat Al Baqarah. Tidaklah dua ayat tersebut dibaca di dalam rumah selama tiga malam berturut-turut lalu setan mendekatinya (setan tidak akan mendekati rumah yang dibacakan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah selama tiga malam-pen).” (HR. Imam Ahmad dalam Al Musnad 4/274, Shahihul Jaami’ 1799)

***
Sumber: Risalah singkat “Arba’uuna Nashiihatin Li Ishlaahil Buyuut” karya Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid hafidzahullah
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.Com

Artikel Wanitasalihah.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *