Kupas Tuntas Hukum Flek Coklat Ketika Haid



Fatwa Syaikh Shalih Al Munajjid hafidzahullah


Pertanyaan:

Di permulaan siklus haid yang saya alami keluar flek kekuningan dan yang dominan warna kecoklatan. Flek ini terus keluar sejak hari pertama sampai hari kedua atau ketiga. Setelah itu keluar darah haid sebenarnya. Apakah flek coklat yang keluar di hari tersebut dianggap sebagai haid ataukah bukan? Dan diakhir flek tersebut keluar darah hitam,  apakah termasuk haid ataukah bukan?


Jawaban:

Alhamdulillah,

Kondisi pertama: Flek coklat yang keluar sebelum haid

Jika flek ini:
1. Keluar di masa haid yang menjadi kebiasaannya atau keluar selang sebentar sebelum masa haid,
2. Disertai rasa sakit dan nyeri haid,
3. Bersambung dengan darah haid maksudnya setelah keluar flek coklat lalu keluar darah haid,
maka flek ini bagian dari darah haid yang menjadi kebiasaannya. Wanita tersebut dilarang mengerjakan shalat dan puasa.

Demikian juga jika flek coklat keluar selama satu atau dua hari, diiringi rasa sakit haid kemudian di hari ketiga baru keluar darah haid sebenarnya maka seluruhnya dihitung sebagai haid.

Pendapat inilah yang dipilih Syaikh Ibn Baz rahimahullah akan tetapi beliau hanya memberi syarat flek tersebut bersambung dengan darah haid saja. Beliau tidak mensyaratkan adanya rasa nyeri haid. Syarat harus ada nyeri haid ini merupakan pendapat lama Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. Adapun pendapat beliau yang terbaru, sama sekali tidak menganggap flek coklat sebagai haid.

Dalam Tsmaratut Tadwin’An Ibn ‘Utsaimin hal.24, didalamnya Syaikh Ibn Ustaimin menyatakan,
“Yang nampak bagiku dan yang membuat tenang jiwaku kepadanya bahwasanya haid hanyalah darah yang keluar. Adapun flek kekuningan atau kecoklatan bukan termasuk haid meskipun keduanya keluar sebelum keluarnya cairan putih. Allahua’lam.”

Di dalam kitab yang sama disebutkan, “Seorang wanita mengeluarkan flek coklat selama tujuh hari. Kemudian seteelah itu keluar darah haid sebenarnya selama sisa bulan itu. Kemudian bersih (tidak haid) terkadang sampai tiga bulan. Apa hukum darah dan flek coklat tersebut? 
Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab, “Semua darah tersebut termasuk haid. Adapun flek keruh kecoklatan tidak dianggap haid sama sekali.”(Tsamaratut Tadwin hal. 24-25)

Adapun yang menguatkan pendapat yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa flek coklat keruh yang keluar sebelum haid termasuk haid jika keluar di masa haid, keluar bersambung dengan darah haid serta diiringi rasa nyeri haid adalah  dikarenakan flek coklat dan kekuningan termasuk salah satu warna-warna darah menurut pendapat mayoritas ulama pakar fikih.

Haid adalah pecahnya dinding rahim yang terdapat darah dan kotoran didalamnya. Sehingga darah keluar dengan warna yang berbeda-beda dan berdegradasi. Dimulai dengan darah hitam pekat atau kehitam-hitaman kemudian memudar menjadi warna keruh kecoklatan atau kekuningan. Dan terkadang yang terjadi sebaliknya. Darah haid dimulai dengan warna kekuningan atau keruh kecoklatan kemudian keluar darah. Nanti akan ada penjelasan hadits’Aisyah radhiyallahu ta’ala’anha yang menunjukkan bahwa cairan kekuningan dan keruh sebelum suci termasuk haid.

Sebenarnya tidak ada perbedaan flek kekuningan atau kecoklatan yang keluar sebelum suci dengan flek yang keluar di masa haid sebelum keluar darah haid yang disertai dengan tanda-tanda haid seperti sakit dan nyeri.

Jika ada yang berkata, tidak ada syarat kecuali hanya bersambung dengan darah haid sungguh ini juga merupakan pendapat yang kuat. Sebagaimana pendapat yang disampaikan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah dengan catatan flek tersebut keluar dimasa haid.

Ulama pakar fikih madzab Hanafiyah dan Hanabilah berpendapat bahwa flek coklat dan kekuningan yang keluar di masa haid termasuk haid. Flek disini mencakup flek yang keluar di permulaan haid. Wallahua’lam.

Ulama madzab Malikiyyah dan Syafi’iyyah berpendapat flek coklat keruh dan kekuningan termasuk haid secara mutlak atau di waktu yang memungkinkan (keluar flek coklat). Tentunya hal ini mencakup jenis flek yang keluar sebelum darah haid. Sebagaimana hal ini bukan rahasia lagi.

Sebagai tambahan, silahkan lihat ‘Mausu’ah Ahkamu At-Toharah’ karangan Syaikh Abu Umar Ad-Dubayyan hafizahullah, (6/281-299). Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, (1/296), Al-Mughni (1/202), Al-Majmu’ (2/422).

Kondisi Kedua: Flek coklat dan kekuningan keluar setelah darah haid

Flek coklat keruh dan kekuningan yang keluar setelah darah haid dan sebelum suci maka termasuk haid. Berdasarkan sebuah riwayat Malik dalam Al Muwaththa’ No.130 dari Ummu’Alqamah beliau berkata,

كَانَ النِّسَاءُ يَبْعَثْنَ إِلَى عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ بِالدُّرْجَةِ فِيهَا الْكُرْسُفُ فِيهِ الصُّفْرَةُ مِنْ دَمِ الْحَيْضَةِ يَسْأَلْنَهَا عَنْ الصَّلَاةِ فَتَقُولُ لَهُنَّ لَا تَعْجَلْنَ حَتَّى تَرَيْنَ الْقَصَّةَ الْبَيْضَاءَ تُرِيدُ بِذَلِكَ الطُّهْرَ مِنْ الْحَيْضَ

Dahulu para wanita mengirimkan kepada ‘Aisyah, ibunda kaum mukminin radhiyallahu’anha dengan membawa wadah yang berisi kapas yang terdapat flek kekuningan karena darah haid. Mereka bertanya hukum shalat ketika keluar flek tersebut. Maka’Aisyah radhiyallahu’anha menjawab untuk mereka,
‘Janganlah kalian tergesa-gesa sampai kalian melihat cairan putih sebagai tanda berhenti dari haid
.” (Hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani dalam Irwaul Ghalil No. 198) dan diriwayatkan Imam Bukhari secara mu’allaq (Kitabul Haid)

Kondisi Ketiga : Flek coklat keruh dan flek kekuningan yang keluar setelah suci dari haid.

Flek yang keluar setelah suci dari haid tidak lagi dianggap sebagai haid. Berdasarkan hadits Ummu’Athiyab radhiyallahu’anha,

كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئا

Dahulu kami sama sekali tidak menganggap sebagai haid flek keruh dan kekuningan yang keluar setelah suci. (HR. Bukhari No. 320, Abu Dawud No. 307, An Nasai No. 368 dan Ibnu Majah No. 647 dan lafal hadits diatas milik Abu Dawud)

Bagaimana cara menentukan suci dari haid?
#Kupas Tuntas Tanda Berhenti dari Haid
#Bagaimakah Cara Menentukan Haid Telah Selesai

Lantas Bagaimanakan jika ternyata salah menentikan waktu haid? Silahkan baca: Berdosakah Seorang Wanita Jika Salah Menentukan Wantu Berhenti Haid

***
Sumber: http://islamqa.info/ar/179069
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.Com

Artikel Wanitasalihah.com

Related Post

41 comments
  1. gita gintana

    12 October , 2016 at 6:06 pm

    Jika ada flek kecoklatan setelah haid, bolekah kita solat

    Reply
    • zainun

      18 November , 2016 at 3:31 pm

      Assalamu alaikum wr.wb
      Saya mau bertanya jika saya sudah haid dan sudah suci lalu hari ketiga saya keluar flek coklat kehitaman saya meninggalkan sholat saya apakah saya benar ? Dan msalh kedua saya sudah mandi besar setelah selesai flek kmudin kluar seperti flek bercoklat sedikit lalu saya tetap menjalankan sholat dhuhur ? Apakah yang saya lakuin bener ? Dan apakh saya harus tetap menjalankan sholat atau meninggalkannya karena tidak suci?

      Reply
  2. maya

    23 December , 2016 at 4:26 am

    Aslamualaikum
    Saya mau tanya tollng djawab ketika saya mau sholt subuh sudah berwudu,saya ngluarn kecoklatan banyak ap dperbolehkan sholt.
    Tlong bantuan ya? Trimakasih.
    Wasalamu’alaikum.

    Reply
    • WanitaSalihah.Com

      10 January , 2017 at 11:02 pm

      Wa’alaikumussalam,
      Jika flek coklat tersebut keluar diiringi rasa nyeri haid dan keluar di masa-masa permulaan haid maka flek coklat tersebut dihukumi sebagai haid. Allahua’lam

      Reply
  3. keysha syavira amanda

    2 February , 2017 at 4:05 pm

    Assalamu’alaikum ukhti… saya ingin bertanya… setelah haid saya berhenti.. lalu sekita kurang lebih seminggu kemudian saya mendapati flek coklat di clna dalam saya… dan flek coklat itu berhenti selama kurang lebih seminggu…. terkadang flek coklat tersebut keluar bersama darah… apakah saya boleh sholat atau tidak??? Terima kasih Assalamu’alaikum wr.wb

    Reply
  4. Lusy

    15 February , 2017 at 7:40 am

    Assalaamu’alaikum warohmatullohiwabarokatuh,saya mau tanya tolong jawab secepatnya ustad.saya sudah waktunya haid tapi yang keluar cairan bening dan ada darahnya tp sedikit banget tiap hari seperti itu,apakah saya harus tetap solat atau tidak…??
    Terima Kasih wassalamua’alaikum

    Reply
  5. muti

    21 February , 2017 at 12:06 pm

    Assalamualaikum
    Ana mau tanya,kemarin saat ana haid…setelah haid berhenti, paginya ana mandi wajib,ana tunggu sampai sore tapi g keluar darah lagi.pas maghrib ana cek juga bersih akhirnya ana sholat maghrib tapi ketika ana mau sholat isya ana cek keluar cairan kuning keruh agak putih tp tidak bau amis seperti darah haid.esok harinya jg ga keluar lagi…bagaimana ini?apakah cairan itu termasuk haid atau istihadah? apakah ana harus mandi lg?apakah ana dosa karna udah mulai sholat? mohon penjelasan untuk ana yg bingung.Syukron

    Read more http://wanitasalihah.com/kupas-tuntas-tanda-haid-telah-berhenti/#comment-44960

    Reply
  6. Dita

    2 March , 2017 at 10:21 am

    Saya mau tanya, biasanya haid saya lancar namun suatu saat tersendat. Flek coklat keluar pada saat shubuh, namun dari zhuhur sampai maghrib kosong sama sekali, lalu Isya baru keluar darah. Berikutnya hanya keluar darah pada saat jam 3 pagi, berikutnya kosong sama sekali sampai Isya berikutnya baru keluar darah haid yang benar.

    Apakah yang harus saya lakukan terhadap itu? Saya bertanya ke konsultasi syariah menilai itu bukan haid (flek kecoklatan yang terputus) tapi bagaimana saya tahu masa depan itu akan terputus karena selama ini haid lancar.

    Reply
    • Dita

      2 March , 2017 at 10:50 am

      Ini pasca haid bukan post haid

      Reply
      • Dita

        2 March , 2017 at 10:56 am

        Dan waktu itu ada tanda2 seperti nyeri haid

        Reply
    • WanitaSalihah.Com

      3 March , 2017 at 6:51 am

      Ukhti perlu diperjelas lagi kondisinya:

      Apakah kondisi seperti itu terjadi setiap waktu? Terus menerus seperti itu?
      Jika iya maka darah tersebut dihukumi sebagai darah istihadhah.
      Silakan baca:
      http://wanitasalihah.com/solusi-bagi-wanita-yang-mengeluarkan-darah-terus-menerus-beserta-contoh-kasus/

      Namun jika tidak terus-terusan keluar, apakah saat itu memang masa keluar haid?
      Jika iya maka flek coklat yang keluar di masa haid dan bersambung dengan darah haid, dihukumi sebagai haid.
      “Bersambung” itu bila kurang dari satu hari satu malam sudah keluar darah walaupun tersendat-sendat.
      Misal isya keluar darah, subuh keluar darah kemudian keluar lagi isya berikutnya. Ini masih disebut “bersambung”. Antara subuh sampai isya kurang dari satu hari.
      Karena darah disebut “terputus” bila sudah tidak keluar sehari dan semalam. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Qudamah juga telah dinukil Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Risalah Fiddima’.
      Sehingga darah tersebut tetap dijuluki sebagai haid. Wallahu Ta’ala a’lam

      Reply
      • Dita

        16 March , 2017 at 4:38 am

        Kondisi ini baru sekali terjadi makanya saya bingung. Berdasar waktu, itu memang masa keluar haid. Tapi ya itu terputus-putus.

        Saya kan tidak tahu apakah keluarnya akan bersambung dengan haid selama sehari semalam.

        Bulan ini terjadi lagi. Ada flek coklat pagi. Kemudian kosong sampai hari berikutn. Waktu haid mestinya masih 3-4 hari lagi. Lalu ada flek lagi pagi hari. Kosong terus lalu isya ada flek. Shubuh baru ada darah.

        Kondisi sedang stres jadi mungkin darah tersendat

        Apa yang sebenarnya harus saya lakukan? Apakah saya harus langsung berhenti salat ketika flek muncul pada waktu mendekati masa haid (biasanya siklus saya normal) tapi bagaimana jika darahnya nanti tidak keluar dalam waktu sehari semalam (seperti pada kasus pertama)

        Reply
        • Dita

          16 March , 2017 at 5:16 am

          Maaf murajaahnya sama2 ustadz ammi nur baits kan. Tapi saya tanya konsultasi syariah itu tidak dianggap haid saya benar2 bingung.

          Apakah batasan sehari semalam itu?

          Reply
        • WanitaSalihah.Com

          16 March , 2017 at 9:19 am

          Yang kami pahami untuk pertanyaan Ukhti yang pertama,tanggal 2 Maret:
          – bahwa haid ukhti tersendat.
          – flek coklat keluar di tengah masa haid.
          – flek tsb masih kategori bersambung dengan darah.krn kurang dari 1 hari.

          Dari sini kami pahami bahwa flek tersebut keluar di tengah masa haid yang sebelumnya sudah keluar darah dan sesudahnya masih ada darah.

          Jika kondisi demikian kami yakin flek tersebut termasuk haid. Walaupun jarak keluar antara flek dengan darah sangat lama (kurang dari 1 hari).

          Untuk pertanyaan ukhti yang terbaru:

          Flek coklat keluar 3 atau 4 hari sebelum masa haid. (Bedakan dg flek yang keluar di tengah masa haid)

          Untuk kasus spt ini, terdapat perbedaan diantara ulama. Ada yg berpendapat bahwa flek tersebut termasuk haid jika diiringi rasa nyeri, sakit pinggang dan tanda2 haid yang lain.

          Ada yang beprndapat flek yang keluar di awal masa haid bukan termasuk haid.

          Allahua’lam

          Reply
          • Dita

            16 March , 2017 at 9:01 pm

            Maaf, yang kasus pertama itu juga flek keluar pada masa awal sebelum haid (sebelum darah haid yang pasti keluar) yang saya tidak yakin itu haid. Jadi itu bukan keluar pada saat pertengahan haid.

            Kasus kedua sekarang ternyata : Pertama keluar flek seperti garis, saya abaikan
            Besoknya keluar flek seperti koin kecil 25 rupiah pada dhuha. Lalu kosong.
            pada Isya keluar lagi titik-titik flek.
            Pada shubuh hari ini ternyata benar keluar darah. Berarti itu flek haid?

            Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan jika bulan depan kejadian seperti ini berulang lagi. Bagaimana saya akan tahu bahwa flek tersebut akan bersambung atau tidak?

          • Dita

            16 March , 2017 at 9:37 pm

            Saya benar2 keluar darah bulan lalu tanggal 18, sedangkan tanggal 16-17 masih berupa flek. flek keluar shubuh lalu kosong, isya keluar darah merah. lalu kosong lagi dan baru keluar darah dengan lancar isya berikutnya

            sekarang tanggal 14-15 masih berupa flek darah dan tanggal 16 baru keluar darah dengan lancar

            Apa yang harus saya lakukan untuk bulan depan jika kejadian ini berulang?

          • WanitaSalihah.Com

            17 March , 2017 at 1:59 pm

            Kami pribadi lebih condong pendapat yang mengatakan flek yang keluar di awal haid itu adalah haid.

            Karena darah haid bertingkat-tingkat warnanya. Terkadang diawali Cokelat,baru keluar darah hitam, merah tua. Atau yang keluar hitam dulu baru kemudian coklat.

            Inilah pendapat yang dipegang ulama masa kini seperti Syaikh Shalih Al Munajjid dan juga pendapat lama Al Allamah Ibnu ‘Utsaimin.

      • Mila

        25 May , 2017 at 12:29 am

        Assalamualaikum
        Saya ingin bertanya tntng kondisi haid yng sy alami
        Haid sy tdk pernah teratur paling cepat 2 bln sekali,terkadang 3 sampai 4 bln sekali bahkan saya pernah pada tingkat 6 sekali,setiap mau datng haid sy selalu mengalami tanda2 seperti nyeri pada seluruh tubuh,nyeri pada perut,dan payudara sakit,itu berlangsung selama 1 bahkan 2 minggu sebelum haid,setelah itu sy mengalami flek hitam kecoklatan yng menggumpal yang lumayan banyak layaknya darah pada saat haid selama 3-4 hari bahkan terkadang sampai 1 minggu,setelh itupun terkadang tidak langsung keluar darah haid yang normal msh kosong terkadang 1-2 minggu baru mengeluarkan darah haid yng normal,terkadang jg setelah flek itu terjadi langsung mengeluarkan darah haid yang normal.
        Yang ingin sy tanyakan bagaimana dngn shalat dan puasa saya pada saat kondisi flek itu terjadi apakah ttp shalat atau tdk?mohon sekali jawabannya karena sy suka ragu dan bingung,terimakasih
        Wassalamualaikum.

        Reply
  7. Mutiara

    16 March , 2017 at 7:08 pm

    Assalamualaikum. Saya mau tanya. Sudah 3 hari berturut2 ini saya mengeluarkan flek kecoklatan,tp tidak banyak dan bentuknya kering tidak berlendir dan berbau darah. Flek keluar disertai rasa nyeri.Dan flek keluar di masa-masa haid saya yang biasanya. Saya takut kalau rasa nyeri yg saya alami disebabkan karena saya kelelahan,bukan karena nyeri haid. Saya bingung,apakah saya seharusnya sholat atau tidak,apakah flek yg saya alami termasuk haid atau bukan. Mohon penjelasannya ustadz,terimakasih wassalamualaikum

    Reply
    • WanitaSalihah.Com

      17 March , 2017 at 2:03 pm

      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

      Insyaallah termasuk haid. Allahua’lam

      Reply
  8. Ummu dzakiyyah

    23 March , 2017 at 2:36 pm

    Maaf sya pernah baca artikel tentang menghitung masa subur,disitu disebutkan,klo bercak saja,dan tidak disertai dg darah haid yg sebenarnya,tidak dihitung haid (ini dr segi kedokteran) wallohu’alam

    Reply
  9. Dita

    10 April , 2017 at 5:36 pm

    Masa haid saya seharusnya seminggu lagi. Tapi dari kemarin keluar flek coklat di waktu pagi dan sore menjelang malam. Lalu hari berikutnya keluar flek dari pagi hingga siang. Tidak terasa nyeri haid.

    Reply
    • Dita

      13 April , 2017 at 10:52 pm

      Kemudian hari ketiga baru terasa nyeri haid dan keluar darah. Apakah saya salah karena tetap shalat semasa itu?

      Reply
  10. Dita

    7 May , 2017 at 6:12 pm

    Apakah syarat flek bersambung dengan darah itu sehari semalam? 24 jam?

    Bulan ini kejadian lagi sy merasa nyeri haid dan waktu mendekati tanggal haid. Keluar cairan coklat beserta flek hari pertama. namun saya waswas karena di hari kedua flek hanya keluar sampai ashar. Setelah itu kosong.

    Reply
  11. riska

    14 May , 2017 at 10:18 am

    Assalamualaikum.
    saya sudah 3 bulan tidak haid tapi selama 3 bulan itu ada flek cokelat tpi tidak berbau darah. dan munculnya flek itu tiap bulan tidak tentu tanggalnya, kadang di awal bulan, di tengah lalu di akhir. saya biasanya haid itu di akhir bulan. dan sampai saat ini saya selalu salat wajib . flek itu datang di siang hari trus sore. malam sampai pagi tidak ada. kdang 8hari atau 5hari.. ini gimna? haid apa bukan?

    Reply
  12. riska

    14 May , 2017 at 10:23 am

    tolong penjelasannya saya bingung

    Reply
  13. echy

    21 May , 2017 at 4:02 pm

    Assalmu’alekum pak ustadz
    Saya echy ibu satu anak saya mengalami masah haid.bukan darah yg keluar tapi warna kecoklatan sampe 4 bulan.boleh kah saya solat dan berpuasa…

    Terimakasih

    Reply
  14. ibu indawati gresik

    28 May , 2017 at 6:32 am

    assalamu’alaikum wr.wb.saya mau tanya,saya seorang ibu,usia sy hampir 50 th, anak sy satu tdk pernah ikut KB,yg sy tanyakan apakah setiap haid kok lama banget setelah 4-6 hrinormal ganti goresan2 coklat2 berhari hari gak bersih2 kdg lbh dari satu minggu klu dihitung dari awal haid bisa2 lbh 15 hri dan itu bertahun2 sedangkan selama ini yg sya lakukan yaitu sehabis satu minggu klu mau sholat sy mandi bsr dulu baru sholat begitu sampai waktu masa haidnya habis 15 hari,setelah 15 hri baru sya gak mandi bsr, tp sya berwudhu saja, karena sya pikir sdh wajib sholat, tp yg sy bingungkan klu waktu puasa romadhon apakah sya melaksanakan puasa setelah seminggu masa haid, apakah menunggu setelah 15 hri dulu baru puasa, selama ini sy banyak berhutang puasa, tp, alkhamndulilah masih bisa bayar htg puasa setiap tahunnya,senin kamis kadang aku bayar dgn cara itu,oh ya tp saya tidak ada keluhan nyeri atau apa sama sekali,dan pernah sy konsultasi pd dr. ktanya oh gpp,dan dikasih pil untuk membersihkan coklat2 tadi,lgsg bersih bsk harinya dan seterusnya, e bln berikutnya kbali seperti semula, skhirnya sya biarkan sampai sekarang. yg sy tanyakan bagaimana seharusnya yg sy harus lakukan tlg bahaimana solusinya.

    Reply
  15. fathiyah

    30 May , 2017 at 3:49 am

    assalamualaikum sya mau bertanya, bagaimanakah jika tidak tahu apakah flek coklat itu akan bersambung haid atau tidak?
    flek nya keluar bercampur dengan keputihan dan baru 1 hari, sedangkan saat malam sampai pagi berikutnya tdk ada keluar lagi, apakah saya tetap puasa dan salat?

    terimakasih

    Reply
  16. siti juwarsih

    2 June , 2017 at 10:04 am

    Assalamualaikum saya.Mau tanya, saya kan suntik kb 3 bln semenjak suntik saya selalu ngeplek sedikit2 pagi ngeplek siang n mlm gak ada lg, atau sebaliknya itu hukumnya bagaimana ya dan lbh sholat n puasakah saya? Mohon jawabannya ya wassalam

    Reply
  17. Selena

    4 June , 2017 at 9:41 pm

    Assalamualaikum wr. Wb
    Saya mau tanya, saya wanita 24th belum menikah, saya jarang sekali haid, bisa 4 bln/3 bln sekali dan tidak bisa di prediksi.
    Ada suatu waktu saya mengeluarkan flek kecoklatan atau jg darah tp sedikit/setetes. Dan saya ga mengalami nyeri haid sama sekali ketika flek itu keluar. Apakah kondisi tersebut saya bisa sholat atau tidak.
    Mohon penjelasannya karena saya bingung 😩. Terima kasih

    Reply
  18. Yani

    4 June , 2017 at 10:50 pm

    Biasanya saya haid teratur,setelah ikut kb keluar flek itu juga tidak teratur. Sudah lewat masa haidnya.apakah saya bisa sholat/puasa soalnya ga tiap hari keluar flek .terima kasih

    Reply
  19. putrinur

    5 June , 2017 at 8:11 am

    Assalamuallaikum.. sy mau tanya mohon untuk di jawab yg tepat,. ketika kita selesai haid,lalu keluar flek kecoklatan. apakah boleh untuk berpuasa dan melaksanakan sholat?
    mohon untuk jawaban nya yya

    Reply
    • WanitaSalihah.Com

      6 June , 2017 at 10:57 pm

      Wa’alaikumussalam.
      Ukhti wajib shalat dan puasa jika telah suci. Pertanyaannya apa ukhti sdh yakin suci?
      Hukum flek coklat (apakah haid atau bkn) itu ditentukan oleh tanda suci.

      Reply
  20. mimi

    5 June , 2017 at 10:54 am

    nak tanya Kalau saya haid lebih dari 7 hari sah tidak puasa nya ?
    atau ap hukum nya .
    krna saya saya haid lebih dari 7 hari melain kan sampai 2 minggu kmudian saya minum obat agar haid saya berhenti. stelah brhnti dlh 2 hari kmudian haid saya dtg lagi.
    saya mau tahu apa hukum nya sah atau tdk saya yg berpuasa dn sholat ?

    Reply
  21. mariyah

    5 June , 2017 at 7:46 pm

    Ass…
    Bolehkah saya sholat.
    Setelah bergubungan dengan suami. Beberapa hari kemudian saya cecoklatan.
    Apa itu termasuk hadas besar

    Reply
  22. Hani

    20 September , 2017 at 2:30 pm

    Assalamu’alaikum.. mau tanya 1 minggu lebih flek coklaat lalu 2 minggu haid (merah) lalu tidak lekas berhenti sampa sudah 1 bulan lebih terus menerus flek coklat kehitaman… ini gimana hukumnya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *