Perilaku Hewan yang Diadopsi Manusia


wanita-salihah-b13

Diantara dampak buruk syahwat adalah merusak karakter dan jiwa manusia hingga ia mengikuti hewan yang hidup dan jalannya dikendalikan syahwat.

Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan bahwa pemuja syahwat memiliki tingkat-tingkatan sesuai dengan tingkatan hewan yang ia serupai dalam perilaku dan wataknya.

فمنهم من نفسه كلبية لو صادف جيفة تشبع ألف كلب لوقع عليها وحماها من سائر الكلاب ونبح كل كلب يدنو منها ، همه شبع بطنه من أي طعام اتفق ميتة أو مذكى خبيث أو طيب ، ولا يستحى من قبيح .

Diantara manusia memiliki jiwa seperti anjing. Andai ia menjumpai seonggok bangkai yang mengenyangkan seribu anjing, niscaya ia akan menguasai dan melindungi bangkai tersebut dari rongrongan anjing-anjing yang lain. Ia menggonggongi anjing-anjing yang lain yang mendekat ke arahnya. Ambisinya hanyalah mengenyangkan perutnya dengan makanan apapun yang ia jumpai baik bangkai, hewan yang disembelih dengan cara keji ataupun cara yang baik. Iapun tak punya malu memakan sesuatu yang menjijikkan.

ومنهم من نفسه حمارية لم تخلق إلا للكدر والعلف كلما زيد في علفه زيد في كده أبكم الحيوان وأقله بصيرة

Diantara manusia memiliki jiwa seperti keledai yang tidaklah diciptakan kecuali untuk membuat rusuh dan memakan makanan. Setiap kali bertambah makanannya, bertambah pula usahanya. Hewan yang paling bisu dan paling bodoh.

ومنهم من نفسه سبعية غضبية همته العدوان على الناس وقهرهم بما وصلت إليه قدرته

Diantara manusia memiliki jiwa seperti binatang buas yang bengis. Ambisinya hanyalah membuat permusuhan antar manusia, mengalahkan mereka dengan kedudukan yang ia capai.

ومنهم من نفسه فأرية فاسق بطبعه مفسد لما جاروه

Diantara manusia memiliki jiwa seperti tikus, licik wataknya dan perusak dengan kesewenang-wenangan.

ومنهم من نفسه على نفوس ذوات السموم والحمات كالحية والعقرب وغيرهما وهذا الضرب هو الذي يؤذي بعينه فيُدخل الرجل القبر والجمل القدر

Diantara manusia memiliki jiwa seperti hewan berbisa dan penyengat seperti ular dan kalajengking dan selain keduanya. Perumpaaan ini bagi manusia yang menyakiti orang lain dengan matanya (penyakit ain) yang menyebabkan seseorang masuk ke kuburan dan unta disembelih. (Maksudanya ain ini menjadi sebab seseorang terbunuh hingga akhirnya ia dimasukan ke dalam kuburan. Ain juga menimpa hewan onta yang menyebabkan hewan tersebut berguncang kemudian disembelih lalu dimasak. Lihat At-Tanwir Syarh Al Jami’ Ash Shaghir. -pen)

ومن الناس من طبعه طبع خنزير يمر بالطيبات فلا يلوى عليها فإذا قام الإنسان عن رجيعه قمه ، وهكذا كثير من الناس يسمع منك ويرى من المحاسن أضعاف أضعاف المساوىء فلا يحفظها ولا ينقلها ولا تناسبه فإذا رأى سقطة
أو كلمة عوراء وجد بغيته وما يناسبها فجعلها فاكهته ونقله

Diantara manusia memiliki watak seperti babi yang berlalu begitu saja ketika melewati makanan yang baik-baik bahkan tak menoleh sedikitpun. Akan tetapi tatkala manusia mebuang kotorannya hewan ini pun bergegas untuk memakannya. Demikianlah sifat kebanyakan orang, ia mendengar kebaikan tentang dirimu dan bahkan melihat kebaikan-kebaikan yang berlipat ganda maka iapun tak mengingatnya dan tidak menyebarkannya. Namun tatkala ia melihat kesalahan atau aib, seakan ia menemukan barang cariannya dan yang semisalnya. Serta merta ia jadikan sebagai buah (bibir) dan membicarakannya.

ومنهم من هو على طبيعة الطاووس ليس له إلا التطوس والتزين بالريش

Diantara manusia memiliki perangai seperti burung merak. Tidak ada yang ia lakukan kecuali berdandan, berhias dengan bulu-bulunya.

ومنهم من هو على طبيعة الجمل أحقد الحيوان وأغلظه كبدا

Diantara manusia memiliki karakter seperti unta, hewan yang paling pendendam dan keras hatinya.

ومنهم من هو على طبيعة الدب أبكم خبيث وعلى طبيعة القرد

Diantara manusia memiliki perangai seperti beruang, bisu lagi keji. Sebagian lagi memiliki perilaku seperti kera.

وأحمد طبائع الحيوانات طبائع الخيل التي هي أشرف الحيوانات نفوسا وأكرمها طبعا وكذلك الغنم

Dan perangai hewan yang paling terpuji adalah perangainya kuda. Kuda memiliki jiwa yang paling baik dengan watak paling mulia. Demikian pula perangai kambing. (Madarijus Salikin, 1:403)

****
Sumber:www.saaid.net
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Wanitasalihah.Com
Artikel wanitasalihah.com

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.
One comment
  1. Anggi

    19 December , 2016 at 5:10 pm

    Assalamu’allaikum.
    Afwan, Ustadz/Ustadzah. Ana mau tanya apakah hukum Islam memelihara kucing? Krn Ada yg blg itu “haram”. Lalu apakah manusia yg memelihara kucing hanya akan mengikuti sifat buruknya hewan tsb. Sedangkan, disisi lain kucing juga ada sifat baiknya, selalu bersahabat dgn manusia. Jazakallahu khairan katsiran wa Barakallahu fiikum…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *